{{'CATEGORY'|translate}}

BERJUALAN PRODUK DARI TAOBAO DENGAN CARA LIVE STREAMING


6 Taktik dari Live Streaminger E-commerce Top Taobao Viya


BERJUALAN PRODUK DARI TAOBAO DENGAN CARA LIVE STREAMING


Dilansir dari https://buff.ly/2WrzFxS live streaming e-commerce telah ada di Cina selama beberapa tahun, 2019 telah menjadi tahun yang benar-benar cepat dan menjadi sarana yang diterima secara luas untuk mempromosikan dan menjual produk. Ini sebagian besar karena daya tarik live streaming yang kuat di antara konsumen di kota-kota di Cina. Pasar ini dipandang sebagai peluang besar berikutnya dan pemasaran produk mencoba metode baru untuk terhubung dengan audiens ini.

Tuan rumah yang paling terkenal adalah Austin Li, yang telah menjadi terkenal karena kemampuannya untuk mencoba dan menjual produk kecantikan dengan kecepatan yang tidak terbayangkan. 

Namun sementara Austin mungkin mendapatkan semua buzz, Dia sebenarnya bukan streaminger peringkat teratas di Taobao. Posisi itu berlaku untuk streamer bernama Viya, yang keahlian menjualnya dihormati oleh asisten kecantikan dan rekan penjualan di seluruh Tiongkok. Baru-baru ini pada 10 Oktober, dia memecahkan rekor penjualannya sekali lagi, mendorong 353 juta RMB (sekitar 49,7 juta USD) dalam penjualan dalam satu hari.

Bagaimana dia bisa menghasilkan hasil yang luar biasa seperti itu? Inilah enam rahasia kesuksesannya:

 

1. Proses seleksi produk yang intens untuk meningkatkan kepercayaan

Viya tidak akan menampilkan produk dalam siaran langsungnya kecuali sudah diuji dengan ketat olehnya dan timnya. Setiap hari, sebelum streaming, dia menghabiskan sekitar empat jam menguji dan meninjau produk yang akan ditampilkan di acaranya, dan hanya dengan izin terakhirnya produk dapat ditambahkan ke lineup. Pada saat produk-produk ini bahkan sampai kepadanya, mereka telah sangat disaring oleh timnya. Secara total, Viya memiliki tim yang terdiri dari 200 karyawan. Di dalamnya ada tiga kelompok yang secara khusus didedikasikan untuk memilih dan menguji produk.

Kelompok pertama bertugas memilih produk, melihat apakah merk memiliki reputasi baik dan apakah ada komentar negatif tentang produknya. Kelompok kedua bertugas memeriksa bahan-bahan produk, memastikan bahwa bahan-bahan tersebut aman digunakan. Kelompok terakhir menguji produk. Jika produknya berupa camilan, mereka akan memakannya dan memberikan umpan balik. Jika itu adalah masker wajah, mereka akan menggunakannya selama beberapa hari dan mencari hasilnya. Proses seleksi ketat ini menanamkan kepercayaan yang tinggi pada audiensi Viya bahwa dia hanya akan merekomendasikan produk-produk berkualitas tinggi.

 

2. Menginformasikan konsumen dengan suatu masalah disekitar.

Viya sangat paham dalam memahami psikologi pemirsa. Misalnya, dia berusaha mempromosikan benang gigi. Tetapi banyak konsumen di China berpikir mereka hanya bisa menggunakan tusuk gigi. Jadi, alih-alih berfokus pada pro dan kontra jangka panjang benang dan tusuk gigi, ia menjadikan masalah ini masalah keselamatan anak, memberi tahu pemirsa bahwa anak-anak mereka mungkin meniru mereka dan mencoba menggunakan tusuk gigi juga, yang bisa sangat berbahaya karena tusuk gigi itu benda tajam yang dapat dengan mudah merusak gusi anak atau menusuk mata. Benang gigi adalah alternatif yang aman. Sudut ini membuat masalah ini menjadi tindakan mendesak dan segera terinspirasi kepada pemirsa.

 

3. Jual produk tertentu ke segmen audiens tertentu

Dalam salah satu streaming live terbarunya, Viya menampilkan kulkas 2.000 RMB yang dibuat khusus untuk menyimpan produk kecantikan dan perawatan kulit. Ketika pemirsa mempertanyakan mengapa mereka membutuhkan lemari es untuk produk kecantikan, dia tidak membuang waktu untuk meyakinkan mereka dan membuat produk menarik bagi semua orang, alih-alih menghubungi pemirsa yang sering membeli produk kecantikan kelas atas.

 

4. Kembangkan loyalitas dan kepemilikan terhadap audiens tertentu

Viya berbeda, menjuluki pengikutnya "Perempuan Viya" (薇娅 的 女人). Dari nama panggilan ini, jelas bahwa Viya tidak tertarik pada konsumen pria. Dan julukan itu juga melampirkan hubungan subordinasi antara Viya dan penggemarnya. Begitu Anda memasuki ruang streaming live-nya, Anda adalah salah satu dari wanita itu, Anda adalah bagian dari sukunya, membuat pemirsa merasa lebih loyal kepadanya.

 

5. Kata-kata yang hati-hati untuk menghindari masalah purna jual

Viya sangat berhati-hati untuk tidak pernah menjanjikan hasil spesifik dari produk yang dia jual. Misalnya, ketika menjual teh pelangsing, Viya mengatakan kepada audiensnya bahwa itu terasa enak dan tidak akan menyebabkan perut sakit, tetapi menghindari menyatakan berapa banyak berat badan seseorang akan turun atau bagian mana dari tubuh mereka yang akan kehilangan berat badan paling banyak.

 

6. Undang selebritas dengan pengalaman hosting

Kita semua telah mendengar kekuatan selebritas untuk mendorong penjualan, baik itu melalui streaming langsung atau dengan cara lain. Viya juga meningkatkan pengaruh selebriti, tetapi dia sangat selektif dengan siapa dia mengundang untuk bergabung dengan alirannya dan cenderung mengundang selebriti yang memiliki pengalaman dengan hosting, seperti Xiao S (小 S), Lin Yilun (林依轮), dan Li Weijia (李维嘉). Sangat mungkin bahwa dengan pengalaman hosting mereka, selebriti ini tampil lebih alami dan nyaman selama streaming.

Apakah produk Anda ingin dijual dengan live streamer atau mengembangkan bakat in-house Anda sendiri? Mengamati top streamer seperti Austin dan Viya dapat memberikan wawasan yang sangat baik tentang apa yang diperlukan untuk menjalankan live streaming e-commerce yang sukses.

 

30-10-2019
  • {{'COMPLAINT_CREATE'|translate}}